Definisi, Karakteristik dan Ciri-Ciri Wirausaha - STAR PULSA MPN

BANNER

Definisi, Karakteristik dan Ciri-Ciri Wirausaha

DEFINISI WIRAUSAHA

Istilah atau definisi wirausaha berasal dari dua kata, yakni wira dan usaha. Wira berarti sifat jantan, laki-laki, pahlawan, dan perwira, sedangkan usaha mengandung arti ikhtiar, prakarsa, perbuatan, dan daya upaya. Jadi, wirausaha ialah sosok pejuang yang melakukan sesuatu. Secara umum, wirausaha dapat dikatakan sebagai orang yang berusaha demi tujuan tertentu dengan peluang untung dan rugi.

Definisi wirausaha juga banyak disampaikan oleh para ahli, diantaranya yaitu:

Prawirokusumo:

Wirausaha ialah orang yang selalu mengupayakan berbagai hal kreatif dan inovatif dengan cara pengembangan ide dan memanfaatkan setiap sumber daya yang ada, guna mendapatkan peluang untuk memperbaiki hidup.

Syamsudin Suryana:

Wirausaha ialah sosok yang penuh dengan rasa percaya diri, berani mengambil resiko, lugas dalam memimpin, penuh dengan kreativitas dan inovasi, serta mengorientasikan diri pada tanggung jawab, hasil, dan masa depan.

Richard Cantillon:

Wirausaha ialah mereka yang sanggup mengubah setiap sumber daya dengan tingkat produktivitas yang rendah menjadi sumber daya dengan tingkat produktivitas yang tinggi.

Harvey Leibenstein:

Wirausaha terdiri dari berbagai kegiatan yang diperlukan guna menghasilkan atau menjalankan perusahaan ketika semua peluang belum tercipta ataupun belum diketahui secara pasti, atau elemen fungsi produksinya belum pasti.

Achmad Sanusi

Wirausaha merupakan suatu perwujudan nilai dalam perilaku yang menjadi pondasi sumber daya, tujuan, kiat, proses, strategi, tenaga, penggerak, dan hasil usaha.

Definisi, Karakteristik, Ciri-ciri Wirausaha


KARAKTERISTIK WIRAUSAHA

Seorang wirausaha, sangat perlu untuk memiliki karakteristik yang mencerminkan bahwa dirinya merupakan seseorang usahawan yang tangguh. Hal ini berguna supaya ia dapat bertahan di tengah derasnya persaingan dunia usaha dan mudah dalam mendapatkan konsumen ataupun klien. Berikut ini berbagai karakteristik yang sangat perlu untuk dimiliki oleh seorang wirausahawan, selain memahami definisi wirausaha.

Sifat Instrumental

Seorang wirausahawan sebaiknya selalu mampu memberdayakan berbagai hal yang terdapat di lingkungan sekitar guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Sifat Luwes Bergaul

Seorang wirausahawan yang sukses pastilah luwes dalam pergaulan sehari-hari dan cepat dalam menyesuaikan diri dengan masyarakat. Keluwesan dalam bergaul ini ditunjukkan dengan selalu aktif dalam bergaul, senang berkenalan dengan orang-orang baru, dan berusaha untuk terlibat dengan masyarakat sekitar dalam kegiatan sehari-hari.

Sifat Prestatif

Dalam setiap kesempatan, seorang wirausahawan yang sukses selalu berusaha untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dibanding dengan hasil yang didapatkan sebelumnya.

Sifat Percaya Diri

Seorang wirausahawan yang sukses tercermin dari cara pandang dia terhadap definisi wirausaha, mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, selalu yakin dengan tindakan yang dilakukan, dan selalu berkeinginan untuk turut aktif dalam setiap kegiatan yang disertai dengan rasa optimisme keberhasilan.

Sifat Kerja Keras

Seorang wirausahawan mempunyai karakteristik selalu turut dalam pekerjaan, tidak berpangku tangan, dan tidak pernah menyerah sebelum pekerjaannya mencapai keberhasilan. Setiap waktunya selalu diisi dengan perbuatan nyata yang dapat menghasilkan manfaat untuk dirinya ataupun orang lain.

Sifat Pengambil Resiko

Seorang wirausahawan yang sukses tidak bertindak tanpa perhitungan. Ia akan memperhitungkan tingkat keberhasilan ataupun kegagalan dengan baik demi mendapatkan hal yang diinginkan. Ketika kemungkinan kegagalan dari strateginya kecil, maka ia akan melangkah dengan pasti.

Sifat inovatif

Seorang wirausahawan sukses yang paham akan definisi wirausaha juga selalu penuh dengan rasa ingin tahu dengan tantangan baru dan mencoba teknik baru untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Ia tidak terpaku dengan hal-hal yang sudah baku alias selalu terbuka dengan berbagai gagasan dan pandangan baru, serta penemuan baru untuk meningkatkan kualitas kerjanya.

CIRI-CIRI WIRAUSAHA

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari seorang wirausahawan yang berpotensi mampu meraih kesuksesan dalam usaha yang dijalani.

Mempunyai orientasi pada tugas dan hasil

Seorang wirausahawan haruslah mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi pada setiap tugas yang diberikan. Rasa tanggung jawabnya tersebut ditunjukkan dengan berusaha meraih hasil yang ditargetkan sejak awal, bahkan melampauinya.

Mengedepankan sifat jujur dan tekun

Seorang wirausahawan yang sukses dan memahami pentingnya definisi wirausaha selalu mengedepankan sifat jujur, baik terhadap dirinya sendiri, keluarga, para karyawannya, hingga masyarakat sekitar. Selain itu, ia juga dituntut untuk selalu tekun dalam mengerjakan setiap hal, sehingga secara tidak langsung dapat menjadi contoh bagi setiap orang di sekitarnya. Dengan memiliki kedua sifat tersebut, dapat dipastikan bahwa ia akan menjadi seorang wirausahawan yang gemilang.

Mempunyai sifat mandiri

Seorang wirausahawan yang mandiri, akan jauh lebih sukses dalam menjalankan usahanya, karena ia lebih mampu untuk berinovasi dan berkreasi dengan seluruh kemampuan yang dimiliki. Produk yang diproduksi secara berkala muncul dengan inovasi baru, sehingga tidak membuat para konsumennya bosan dan setiap untuk menggunakan jasanya. Wirausahawan mandiri lebih mampu untuk bangkit dari setiap keterpurukan.

Rajin mencari peluang

Wirausahawan yang sukses tidak pernah lelah dalam menemukan setiap peluang yang dapat dijadikan sebagai jalan untuk lebih memajukan usahanya, seperti mengetahui tren pasar. Nah, itulah yang dapat penulis sampaikan tentang definisi wirausaha, ciri-ciri dan karakteristiknya.

0 Response to "Definisi, Karakteristik dan Ciri-Ciri Wirausaha"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.