10 Manfaat Kewirausahaan Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Starpulsatermurah.com - Untuk mengetahui manfaat kewirausahaan, kita harus mengetahui beberapa data mengenai kewirausahaan di Indonesia terlebih dahulu.


Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), jumlah enterpreneur di tanah air meningkat dari yang sebelumnya hanya 1,67% menjadi 3,10% dari total jumlah penduduk Indonesia yang berkisar sebanyak 260 juta jiwa.


Seperti yang kita kutip dari Liputan6, rasio wirausaha di Indonesia berdasarkan data BPS meningkat 3,10% yang sebelumnya 1,67% dari 260 juta penduduk. Ini merupakan kabar baik.


Akan tetapi, jumlah pengusaha di Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan negara tetangga. Misalnya rasio wirausaha di negara Singapura 7%, Malaysia 6%, Thailand 5% dari total penduduknya. Sedangkan menurut Presiden Jokowi, hampir di setiap negara maju, standarnya memiliki (penduduk) entrepreneur di atas 14%.


Jika dihitung dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, maka jumlah wirausaha kita mencapai 8,06 juta jiwa. Meski demikian, negara kita masih membutuhkan banyak pengusaha baru untuk mendorong perkembangan ekonomi bangsa.


Semakin banyak pengusaha baru yang bermunculan, semakin banyak pula masyarakat yang terserap menjadi tenaga kerja produktif. Bila ekonomi bangsa terus bertumbuh, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara maju suatu saat nanti.


Setelah kita mengetahui data-data di atas, kita tentu akan memahami pentingnya kewirausahaan bagi diri sendiri, orang lain dan negara. Mari kita ulas beberapa manfaat kewirausahaan yang sangat positif dan berpengaruh dalam kehidupan.

10 Manfaat Kewirausahaan Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain


Manfaat Kewirausahaan Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain


1. Menyerap Pengangguran

Pengangguran di Indonesia nyatanya terus meningkat. Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Indonesia, angka pengangguran di Indonesia bertambah menjadi 6,88 juta orang pada Februari 2020. Angka ini naik jika dibandingkan dengan periode sama pada tahun sebelumnya.


Dan pada Juli 2020, tingkat pengangguran semakin banyak akibat dampak dari pandemik Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Banyak tenaga kerja yang putus hubungan kerja karena perusahaan tidak mampu menutup biaya operasional.

 

Namun, di tengah ekonomi Indonesia yang sedang babak belur seperti ini, masih ada usaha yang tidak terpengaruh bahkan penjualannya meningkat drastis, contohnya ada di bidang teknologi, e-commerce, fintech, bahan pangan pokok.


Usaha-usaha yang tidak terdampak tersebut harapannya bisa menyerap tenaga kerja. Mereka yang sedang membutuhkan pekerjaan, pasti sangat terbantu.


Oleh karenanya, peran wirausaha menjadi sangat penting demi kelangsungan hidup banyak orang.


2. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

Manfaat kewirausahaan berikutnya yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Keberadaan wirausaha sejatinya punya peranan penting, selain menyerap tenaga kerja, wirausaha juga bisa mengangkat perekonomian baik langsung maupun tidak langsung.


Orang yang menjadi tenaga kerja, akhirnya bisa bekerja dan menjadi manusia produktif dari sisi keuangannya. Selain itu, adanya wirausaha juga memberikan kesempatan untuk saling berbagi kepada masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan.


Misalnya program CSR perusahaan yang turut membantu masyarakat saat terjadi bencana, memberi beasiswa sekolah kepada putra putri bangsa, dan beragam kegiatan sosial lainnya. Adanya kewirausahaan bisa menjadi jembatan untuk saling tolong menolong kepada sesama.


3. Melatih Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

6. Membantu Pembangunan Sosial

7. Meningkatkan Semangat Kerja Sesuai Phasion

8. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Berkompetisi

9. Membantu Memajukan Roda Perekonomian Negara

10. Menyebarkan Sikap Melek Finansial

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAHKAN KETIK
TOPMD#NAMA#KOTA

CONTOH:
TOPMD#STAR PULSA#JAKARTA

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
177.680.5000

BNI
751.000.5000

MANDIRI
171.006.900.5000

BANK BRI
004.501.003.153.305

Semua Rek A/N :
CV. MULTI PAYMENT NUSANTARA