Panduan Cara Jualan Online Laris Pemula

Cara Jualan Online Laris – Kini zamannya kebutuhan dari ujung rambut hingga ujung kaki dibeli melalui online. Seluruh barang yang kita butuhkan sudah tersedia di internet. Kita dimudahkan dengan berbagai aplikasi jualan online yang menyediakan seluruh kebutuhan pokok dan tambahan.

Setiap hari bermunculan online shop atau toko online yang menawarkan berbagai kemudahan transaksi dan menjual barang dengan harga murah.

Banyak pebisnis muda yang turut meramaikan dunia perdagangan online, namun sayangnya kisah sukses jualan onlne tidak dimiliki oleh setiap orang. Ada banyak kisah kegagalan para pebisnis jualan online yang harus tutup di tengah jalan.

Maka dalam artikel kali ini Star Pulsa akan memberikan beberapa tips atau cara jualan online laris. Cara ini cocok sekali bagi para pemula yang mengalami kemunduran dalam menjalankan online shopnya.


Panduan Cara Jualan Online Laris Pemula - Star Pulsa


Cara Jualan Online Laris Bagi Pemula

Menjalankan suatu bisnis tidak selamanya berjalan mulus, pasti ada berbagai kendala yang akan dihadapi, termasuk para pedagang online. Meski banyak pula yang mengalami keberhasilan, namun sayangnya tidak semua orang.

Buat anda yang tengah mengalami kesulitan menjalankan bisnis onlinenya dengan benar, maka berikut ini ada beberapa tips atau cara jualan online laris bagi para pemula, di antaranya:


1. Kenali Nilai Jual Produk

Cara jualan online laris yang pertama adalah dengan mengenai nilai jual produk. Nilai jual ini sangat penting, sama seperti halnya anda saat berbelanja pasti akan mencari barang yang harga jualnya murah atau terjangkau namun dengan kualitas baik.

Sebenarnya perlu diketahui bahwa untuk harga murah tentu memberikan barang yang sesuai dengan harga, dengan kata lain barang yang baik pasti memiliki harga jual yang tinggi, sedangkan barang murah pasti membawa kualitas barang yang standar pula.

Namun dalam kenyataannya memang itulah yang diinginkan seluruh konsumen, lalu bagaimana kita menyikapi hal ini?

Sebagai pemula kita harus menyadari bahwa kita sedang berusaha mendatangkan banyak pelanggan ke toko online yang kita miliki, maka nilai jual produk yang anda tawarkan harus sesuai dengan harga pasaran, bahkan anda bisa menyiasatinya dengan pemotongan keuntungan, dengan kata lain turunkan harga sedikit saja dengan mengambil keuntungan sekecil mungkin, namun pastinya jangan sampai menjual rugi.

Baca Juga : Inilah Cara Jitu Membuat Usaha Jual Pulsa di Rumah Semakin Laris


2. Pilih Jenis Jualan Online yang Tepat

Cara jualan online laris yang kedua adalah dengan menjadi pebisnis pintar yakni bisa memilih jenis jualan online yang tepat, dengan kata lain bukan hanya mencakup jenis produk atau sebagainya, anda juga harus mengetahui update metode jualan online serta modal yang anda miliki. Sebelum memulai jualan pilihlah metode yang terdiri dari beberapa macam, di antaranya:

  • Dropship
  • Reseller
  • Pedagang produk buatan sendiri
  • Penjual barang bekas layak pakai
  • Pedagang jasa atau keahlian yang kita miliki

Beberapa metode tersebut pastinya memiliki tempat di dunia maya, jadi apa pun pilihan anda bisa bertransaksi secara online melalui online shop atau toko online.


3. Miliki Toko Online di Beberapa Marketplace

Miliki toko online di beberapa marketplace bisa menjadi salah satu cara jualan online laris yang cukup ampuh. Cara ini bisa diibaratkan kita memiliki beberapa cabang usaha di berbagai lokasi untuk menjaring lebih banyak pengunjung.

Anda bisa mencoba beberapa lapak atau toko online di beberapa marketplace besar yang ada di Indonesia. Caranya juga sangat mudah dan tidak memakan banyak biaya, lain halnya dengan berjualan offline yang membutuhkan banyak modal jika ingin membuka beberapa toko karena harga sewa yang mahal.

Salah satu kelebihan toko online ini kita bisa menjalankan bisnis di beberapa marketplace dengan mudah dan murah. Selain itu ada banyak metode lokasi berjualan yang bisa kita pilih, di antaranya:

  • Marketplace besar di Indonesia, diantaranya: Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, JD dan masih banyak lagi yang lainnya
  • Website khusus jualan, yang bisa dibuat secara gratis melalui beberapa jasa pembuatan gratis serta website yang dibuat secara profesional melalui jasa pembuatan website berbayar. Ada banyak jasa pembuatan website gratis yang bisa anda manfaatkan, diantaranya: Blogspot, WordPress.com, platform Google Bisnisku dan lain sebagainya
  • Forum jual beli. Ada banyak forum jual beli terkenal yang menjadi lapak para pebisnis online di Indonesia di antaranya FJB kaskus, dan lain sebagainya
  • Website serta toko online milik sendiri

Beberapa lokasi jualan online di atas bisa anda pilih, atau untuk menjaring lebih banyak pelanggan lagi anda bisa mencoba seluruh metode yang ada. Namun tentunya anda harus menyadari bagaimana kesibukan yang akan anda jalani.


4. Jual Produk yang Banyak Dicari

Cara jualan online laris selanjutnya adalah dengan menjual produk yang banyak dicari atau memiliki peminat yang tinggi. Produk ini biasanya sedang naik daun dan sehingga memiliki potensi terjual yang lebih tinggi dibanding barang atau jasa lain.

Namun dalam tahapan ini tentunya membutuhkan update pasar yang memang terus berkembang dan tentunya bukan hal yang mudah. Anda harus mengamati pasar dengan seksama serta mengikuti perkembangan pasar.

Mungkin beberapa prediksi akan muncul, maka pilihlah yang paling akurat, sehingga anda memiliki potensi menjual lebih banyak dan mendatangkan keuntungan yang tinggi.


5. Gunakan Foto Produk Terbaik

Berjualan secara online tentu sangat berbeda dengan berjualan secara offline, di mana para pembeli hanya melihat barang dari gambarnya atau fotonya saja yang kita pajang di lapak atau toko online yang kita miliki, maka untuk menarik pelanggan gunakan foto terbaik yang kamu miliki.

Hal ini juga akan membangun citra positif dan terlihat sebagai toko online profesional. Pengambilan gambar tidak perlu menggunakan kamera mahal serta skill dewa, namun kini ponsel pintar sudah memiliki kualitas gambar yang baik.

Buatlah foto yang terlihat jelas, tidak buram atau blur, diambil dari sudut yang tepat dengan pencahayaan yang cukup. Selain itu foto juga harus diambil dari berbagai sisi agar terlihat lebih jelas.

Jika anda kurang yakin dengan kemampuan anda maka bisa mencoba menyewa jasa foto profesional, namun ada harga yang harus dibayar tentunya.


6. Buat Dеѕkrірѕі Prоduk уаng Unіk dаn Mеnаrіk 

Cara jualan online laris selanjutnya adalah dengan membuat deskripsi produk unik dan menarik, meski terdengar simple dan sederhana namun dipercaya mampu menggenjot angka penjualan.

Dengan kalimat deskripsi yang unik dan persuasif, anda bisa menjangkau sisi emosional pelanggan, hal inilah yang akan membuat keputusan pembelian barang.

Dalam menulis deskripsi produk anda bisa memulai dengan mengenal lebih dekat siapa pelanggan anda sehingga akan dengan mudah menyesuaikan kata – kata yang sesuai dengan keseharian mereka.

Contohnya jika pasar yang anda tuju adalah kalangan anak muda, maka kalimat yang digunakan juga harus fresh, santai, kekinian, dan lain sebagainya.

Jenis produk yang dijual juga akan mempengaruhi tiap kata yang digunakan, jika menjual produk kaos atau aksesoris anak muda, maka anda perlu menyelipkan selipan humor yang akan menjadi keunikan tersendiri.

Dalam pemilihan kalimat juga harus diperhatikan, pastikan anda menggunakan bahasa yang natural dan sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan. Dengan bahasa yang natural anda berhasil menyentuh sisi emosi pembaca di mana terdengar seperti ucapan teman sendiri.

Baca juga : Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Terbaru


7. Promosi Secara Online

Cara jualan online laris selanjutnya adalah dengan mеlаkukаn рrоmоѕі. Saat toko online selesai dibuat dan produk siap diluncurkan dengan mengunggah beberapa foto produk, maka kini saatnya kita menjual produk dengan cara memperbanyak promosi.

Salah satu promosi yang akurat di zaman ini adalah melalui online, sesuai dengan tema bisnis kita kali ini yakni jualan online. Promosi secara online akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena internet menjangkau berbagai kalangan.

Promosi online memiliki prospek yang lebih luas. Berikut beberapa jenis promosi online yang bisa dipilih, di antaranya:

  • Mеmаnfааtkаn bеrbаgаі mеdіа sosial ѕереrtі fасеbооk, twitter, іnѕtаgrаm, dan lаіn ѕеbаgаіnуа 
  • Membagikan URL toko online ke media chat social atau aplikasi chat di antaranya, LINE, Instagram, WhatSapp, FB messenger, dan lainnya
  • Memasang iklan melalui google Ads atau Adwords Express
  • Memasang listing premium untuk produk yang diletakkan di forum jual beli atau marketplace


8. Promosi Secara Offline

Setelah iklan secara online di pasang, maka untuk mengoptimalkan penjualan anda juga harus memasang iklan secara offline yang bisa dilakukan secara langsung.

Hal ini tentu juga dipercaya mampu meningkatkan penjualan dan membuat jualan online laris manis. Ada beberapa metode atau cara jualan online laris secara offline, di antaranya:

  • Promosi dari mulut ke mulut. Mungkin terdengar sederhana namun cara ini cukup efektif meningkatkan penjualan perbulannya. Anda bisa mencoba dari orang – orang terdekat seperti meminta tolong pada keluarga dekat, teman, kolega, serta lingkaran pertemanan anda
  • Berpartisipasi dalam event – event tertentu atau bazaar yang menyediakan lokasi untuk mendirikan booth atau stand
  • Bekerja sama dengan toko – toko yang ada di sekitar anda atau di beberapa pasar yang ramai. Anda juga bisa bekerja sama dengan para distributor
  • Memasang poster, brosur, spanduk dan lainnya juga bisa menjadi media promosi offline yang cukup baik.


9. Buat Program Promo

Untuk meningkatkan penjualan di toko onlinemu cara yang satu ini cukup jitu, yakni dengan membuat program promo pada saat – saat tertentu, terutama pada saat pelanggan sedang ada dalam momen mengeluarkan uang untuk belanja, seperti awal bulan setelah gajian atau menjelang lebaran, natal, Tahun baru, akhir tahun, imlek, dan banyak momen penting lainnya.

Selain itu anda juga bisa menawarkan promo gratis ongkir atau beli 2 gratis 1. Selain itu potongan harga atau diskon juga bisa menarik banyak pelanggan untuk berbelanja.


10. Berikan Tawaran yang Menarik serta Dapat Dipercaya

Cara jualan online laris yang tidak kalah penting adalah dengan memberikan tawaran yang menarik serta dapat dipercaya. Kepercayaan pelanggan tentunya merupakan hal yang sangat penting.

Kepercayaan pelanggan bisa dibangun dengan mengirim barang sesuai pesanan. Jangan sampai anda menjual produk yang memiliki kualitas tidak baik, di mana seluruh deskripsi produk yang dibuat tidak sesuai.

Dengan foto produk yang menarik tentu mereka juga menuntut kondisi produk sesuai dengan isi deskripsi, sebab banyak sekali pembeli online yang tertipu foto menari, namun barang tidak sesuai ekspektasi.


11. Efisiensi Proses Penjualan

Efisiensi proses penjualan bisa menjadi salah satu cara jualan online laris. Cara ini sangat efektif, sebab toko online yang proses penjualannya rumit dan berbelit – belit membuat konsumen enggan berbelanja di toko tersebut.

Usahakan toko online yang anda miliki memiliki proses transaksi yang mudah, dimulai saat pemesanan, pembayaran hingga pengiriman barang.


12. Manajemen Stok Produk

Manajemen stok produk juga sangat dibutuhkan dalam bisnis, sebab cara ini akan memudahkan anda saat menyimpan stok barang di gudang penyimpanan atau toko online yang anda miliki.

Manajemen yang baik akan membuat toko kita terlihat semakin profesional, dan tidak ada kekeliruan pengambilan barang baru dan stok lama.

Manajemen stok bisa dimulai dari pencatatan stok, pengisian ulang stok barang, serta mencatat barang masuk dan barang keluar dari gudang atau lokasi penyimpanan.


13. Atur Tata Letak Produk

Untuk menarik banyak pembeli sehingga jualan online semakin laris anda bisa mencoba metode mengatur tata letak produk dengan mempertimbangkan bagaimana pelanggan mengambil keputusan untuk membeli.

Cara yang paling efisien untuk tata letak produk adalah dengan selalu menempatkan produk unggulan anda di tempat yang paling terlihat.

Contohnya saat tata letak barang disusun secara horizontal atau sejajar bisa meletakkan produk unggulan pada bagian paling awal.

Pada produk unggulan yang anda miliki bisa juga menambah label profesional seperti produk “Best Seller”, “Terlaris”, “Recommendes” dan label lain yang menarik.

***

Itu tadi informasi atau metode yang baik bagi para pedagang online. Cara jualan online laris ini sangat mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja. jangan sampai anda salah metode yang akan membuat bisnis anda berhenti ditengah jalan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAHKAN KETIK
TOPMD#NAMA#KOTA

CONTOH:
TOPMD#STAR PULSA#JAKARTA

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
177.680.5000

BNI
751.000.5000

MANDIRI
171.006.900.5000

BANK BRI
004.501.003.153.305

Semua Rek A/N :
CV. MULTI PAYMENT NUSANTARA